Haiii...
Kawan Pelaut.....
Yukkk... belajar ukuran-ukuran dalam kapal....
Ukuran–Ukuran Utama kapal
Ukuran–Ukuran Utama kapal adalah untuk menentukan
ukuran besar kecilnya kapal. Seperti panjang, lebar maupun tinggi. Terdiri dari
singkatan–singkatan dan arti tertentu walaupun menggunakan istilah–istilah
bahasa Inggris
1. Panjang Kapal / L = Length
• LOA (Length Over All) adalah panjang keseluruhan
dari kapal yang diukur dari ujung haluan hingga buritan
• LBP (Length Between Perpendicular) adalah panjang
antara kedua garis tegak burutan dan garis tegak haluan yang diukur pada garis
air muat
• AP (After Perpendicular) adalah garis tegak buritan
yang diukur melalui linggi kemudi. Jika kapal tidak memiliki linggi kemudi maka
diukur pada garis sumbu poros kemudi
• FP (Fore Perpendicular) adalah garis tegak yang
dibuat melalui perpotongan antara linggi haluan dengan garis air muat, sarat
air kadang–kadang diukur dalam dua keadaan yaitu pada keadaan kapal penuh
muatan dan kapal pada keadaan kosong
• LWL (Length of Water Line) adalah jarak mendatar
antara kedua ujung garis muat yang diukur dari titik potong dengan linggi
haluan sampai dengan titik perpotongan dengan linggi buritan, diukur pada
bagian luar linggi depan dan linggi belakang. Jadi tidak termasuk tebal kulit
lambung
• LC (Length of The Carene) adalah panjang maksimum
draft / sarat kapal yang diukur pada karis air muat, termasuk kulit luar lambung
kapal. Adalah panjang yang dijadikan asumsi untuk mengisi carane / badan kapal
yang tercelup air
2. Lebar Kapal / B = Breath
• Blmd (Breath Moulded) adalah lebar yang
direncanakan, adalah jarak mendatar antar gading tengah sebelah kanan dengan gading
tengah sebelah kiri kapal yang diukur pada bagian luar gading
• Bwl (Breath at The Water Line) adalah lebar yang
terbesar pada garis muat
• Boa (Breath Over All) adalah lebar terbesar dari
kapal, yang diukur dari kulit lambung kapal di samping kiri sampai kulit
lambung kapal di sampaing kanan. Jika ada bagian geladak yang menonjol keluar ,
sampai melampaui lambung kapal maka yang dipakai adalah adalah [B max] adalah
lebar geladak yang dimaksud
3. Tinggi
Kapal / H = Depth
• Depth adalah tinggi kapal yang dihitung dari jarak tegak dari garis dasar sampai garis geladakterendah di tepi, diukur ditengah–tengah kapal (Midship)
• Depth adalah tinggi kapal yang dihitung dari jarak tegak dari garis dasar sampai garis geladakterendah di tepi, diukur ditengah–tengah kapal (Midship)
• [D max] adalah tinggi terbesar dari lambung kapal
yang terendam didalam air yang diukur daris garis air muat sampai bagian yang
terendah pada saat even keel / sarat rata maka sarat kapal berlaku untuk
seluruh panjang kapal. Pada saat kapal trim / beban tidak rata maka ada
beberapa sarat
4. Sarat Kapal / T = Draught
• Draught adalah sarat kapal yang diukur dari garis
dasar sampai garis air muat
• [T max] adalah tinggi terbesar dari lambung kapal
yang terendam di dalam air yang diukur daris garis air muat sampai bagian yang
terendah pada saat even keel / sarat rata maka sarat kapal berlaku untuk
seluruh panjang kapal. Pada saat kapal trim / beban tidak rata maka ada
beberapa sarat
Perbandingan Utama Kapal
1. Panjang Kapal (L) terutamamempunyai pengaruh
terhadap kecepatan kapal dan pada kekuatan memanjang kapal, penambahan panjang
pada umumnya akan mengurangi tahanan yang diderita kapal pada displacement
tetap dan akan mengurangi kekuatan memanjang kapal. Disamping itu penambahan
panjang dapat pula mengurangi kemampuan olah gerak kapal (maneuvering),
mengurangi fasilitas galangan (dock) dan terusan (canal). Sedangkan pengurangan
panjang (L) pada displacement tetap akan menyebabkan ruangan badan kapal yang
bertambah besar
Perbandingan L/B yang besar terutama sesuai untuk
kapal dengan kecepatan yang tinggi dan mempunyai perbandingan ruangan yang
baik, akan tetapi mengurangi kemampuan oleh gerak kapal dan mengurangi pula
stabilitas kapal.
Perbandingan L/B yang kecil memberikan kemampuan
stabilitas yang baik tetapi dapat juga menambah tahanan kapal sehingga
dibutuhkan tenaga yang lebih besar.
Perbandingan L/H terutama mempunyai pengaruh terhadap
kekuatan memanjang kapal, untuk harga L/H yang besar akan mengurangi ketahanan
memanjang kapal.
Perbandingan L/H yang kecil akan menambah kekuatan
memanjang kapal, oleh karena itu Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) 1968
memberikan persyaratan sebagai berikut :
L/H = 14
untuk daerah pelayaran samudra
L/H = 15 untuk daerah pelayaran pantai
L/H = 17 untuk daerah pelayaran lokal
L/H = 18 untuk daerah pelayaran terbatas
L/H = 15 untuk daerah pelayaran pantai
L/H = 17 untuk daerah pelayaran lokal
L/H = 18 untuk daerah pelayaran terbatas
Dari ketentuan di atas dapat disimpulkan bahwa daerah
yang mempunyai gelombang besar atau pengaruh–pengaruh luar lainnya yang lebih
besar mempuyai persyaratan harga perbandingan L/H yang kecil.
Penyimpangan–penyimapangan dari dari ketentuan di atas masih dimungkinkan atas
dasar bukti perhitungan kekuatan yang dapat dipertanggungjawabkan
2. Lebar Kapal (B) terutama mempunyai pengaruh pada
tinggi metacenter, penambahan lebar dengan displacement panjang kapal dan sarat
kapal tetap akn menyebabkan kenaikan tinggi metacenter of gravitiy (MG).
Penambahan lebar pada umumnya digunakan untuk mendapatkan penambahan ruangan
badan kapal akan tetapi hal ini juga mempunyai kerugian karena dapat mengurangi
fasilitas terusan dan galangan (dock)
Perbandingan B/T terutama pempunyai pengaruh pada
stabilitas kapal. Harga perbandingan B/T yang rendah terutama akan mengurangi
stabilitas kapal, sebaliknya harga B/T yang tinggi akan membuat stabilitas
kapal menjadi lebih baik
Untuk kapal–kapal sungai, harga perbandingan B/T dapat diambil sama besar karena harga T diatas oleh kedalaman sungai yang pada umumnya sudah tertentu
Untuk kapal–kapal sungai, harga perbandingan B/T dapat diambil sama besar karena harga T diatas oleh kedalaman sungai yang pada umumnya sudah tertentu
3. Tinggi Kapal (H) terutama mempunyaipengaruh pada
tinggi titik berat kapal CG (center of gravitiy), KG (Keel of Gravity) dan juga
pada kekuatan kapal serta ruangan dalam kapal. Penambahan tinggi pada umumnya
akan menyebabkan kenaikan KG (Keel of Gravity) sehingga tinggi MG (Metacenter
of Gravity) berkurang. Selain itu penambahan tinggi dapat menyebabkan
bertambahnya kekuatan memanjang kapal, jika ukuran–ukuran penguat memanjang
tetap, maka pada umumnya kapal–kapal barang mempunyai harga KG sebesar 0.60 H
4. Sarat Kapal (T) terutama mempunyai pengaruh pada
tinggi CB (Center of Buoyancy) penambahan sarat air pada displacement panajang
kapal dan lebar kapal tetap pada umumnya akan menyebabkan kenaikan harga KG.
Penambahan sarat selalu dihindari karena dapat menyebabkan kapal kandas
mengurangi jumlah pelabuhan yang dapat disinggahi, daerah pelayaran menjadi
terbatas serta penggunaan fasilitas perbaikan, galangan dan terusan menjadi
berkurang pula
Perbandingan H/T terutama berhubungan dengan reserve
displacement atau daya apung cadangan. Harga H/T yang besar dapat dijumpai pada
kapal–kapal penumpang. H – T disebut dengan lambung bebas (freeboard) dimana
secara sederhana dapat disebutkan bahwa lambung bebas adalah tinggi antara
garis air dengan tepi deck
Satuan–Satuan Perkapalan
1. Isi Karene adalah volume badan kapal yang berada di
bawah permukaan air (tidak termasuk kulit) dan dinyatakan dalam meter kubik
(m3), sedangkan karene itu sendiri adalah bentuk badan kapal yang ada
dipermukaan air, sengan catatan bahwa tebal kulit, tebal lunas sayap (bilge
keel), tebal daun kemudi, baling-baling dan perlengkapan kapal yang terndam di
dalam air tidak termasuk karene. Isi Karene juga dapat dirumuskan sebagai
berikut : [ V = L • B • T • Cb ]
V : Isi
Karene
L : Panjang Karene
B : Lebar Karene
T : Sarat Kapal
Cb : Koefisien Blok
L : Panjang Karene
B : Lebar Karene
T : Sarat Kapal
Cb : Koefisien Blok
2.
Dispalacement adalah berat dari karene. Misalnya isi karene adalah V dan berat
jenis air dinyatakan dengan γ maka dapat dirumuskan sebagai berikut : [ D = V •
γ ]
D : Displacement
V : Isi karene
γ : Berat Jenis Cairan
satuan yang digunakan adalah ton dengan catatan ada dua dimensi dalam berat, yang pertama Ton Metrik = 1000 Kg dan yang kedua Ton Inggris = 1016 Kg
D : Displacement
V : Isi karene
γ : Berat Jenis Cairan
satuan yang digunakan adalah ton dengan catatan ada dua dimensi dalam berat, yang pertama Ton Metrik = 1000 Kg dan yang kedua Ton Inggris = 1016 Kg
3. Pemindahan Air (Vs) adalah volume air yang
dipindahkan dari kapal (badan kapal) termasuk kulit lambung kapal, lunas sayap,
kemudi, baling-baling dan perlengkapan lainnya. [ Vs = C • V ] dimana yang
dimaksud dengan C adalah koefisien tambahan berat cadangan. Kapal yang terendam
di bawah permukaan air, volume dari kulit lambung kapal diperkirakan 6 % dari
isi karenen. Sedangkan volume dari lunas sayap, kemudi, baling-baling dan
perlengkapan lai-lain yang ada di bawah permukaan air diperkirakan mencapai
0.07 % sampai dengan 0.15 % dari isi karene
4. berat Pemindahan Air (W) adalah berat air yang
dipindahkan oleh badan kapal secara keseluruhan. Jika berat jenis air di
nyatakn dengan gamma (γ) maka [ W = Vs • γ ]
Oke dehhhh....
Semoga dapat membantu sesama Kawan Pelaut...
Bravo Pelaut Indonesia
Dear : Custumer Import & Domestics
BalasHapusKami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id